Eksotisme Pantai Pink Lombok

         Ada tujuh pantai dengan pasir berwarna pink di dunia, dan dua di antaranya ada di Indonesia, dan salah satu dari dua pantai pink yang dimiliki Indonesia itu, terdapat di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Keberadaan pantai pink di wilayah Sekaroh, kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, seolah menambah daya tarik pulau kecil nan indah ini. Pantai Pink lLmbok menjadi primadona baru pariwisata di pulau Lombok sekitar dua tahun terakhir. Jauhnya perjalanan sekitar 2,5 jam dari kota Mataram tidak menyurutkan minat para wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara beramai-ramai memenuhi pantai Pink Lombok. Jika ingin menikmati pantai Pink dengan suasana yang sepi, sebaiknya Anda tidak berkunjung di hari libur.

       Pantai pink Lombok dikenal dengan nama pantai Tangsi oleh masyarakat sekitar. Warna pink terjadi akibat adanya serpihan ganggang merah yang bercampur dengan pasir putih pantai. Ada juga yang berpendapat bahwa warna pink pantai ini disebabkan oleh adanya foraminifera di sekitar pantai. Apapun penyebabnya, ada hal yang harus diketahui oleh para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, yaitu warna pink di sana tidak terlihat sepanjang hari. Warna pink akan terlihat pada pagi dan sore hari saat pasir terkena ombak dan di waktu bersamaan terkena bias matahari yang lembut. Saat siang hari dengan panas terik, pantai akan terlihat putih dan baru akan terlihat kemerahan kalau Anda melihatnya dari dekat. Banyak wisatawan yang datang pada siang hari dan merasa terkecoh karena pasir pantainya tidak berwarna pink. Jadi, jika maksud Anda memang ingin menyaksikan warna pink pada pasir pantai tersebut, datanglah saat pagi atau sore hari
.
            Berkemah di pantai ini juga bisa jadi pilihan wisata yang asyik, terutama jika Anda gemar bertualang. Jangan khawatir, di area pantai Pink Lombok sudah ada penduduk yang berjualan dan menginap di sana. Jadi, pantai ini aman untuk diinapi. 

        Pantai pink Lombok memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang sehingga anda bisa berjalan dari ujung satu ke ujung lainnya tanpa perlu kelelahan. Setelah puas menikmati pantainya, Anda bisa menyewa perahu untuk snorkling di tanjung yang berada di balik bukit sebelah kanan pantai. Tempat ini disebut Semangkok karena terdapat lubang seperti sumur di dalam laut. Area ‘sumur’ ini memiliki terumbu karang indah yang menjadi tempat berkumpul ikan-ikan cantik. Segera rencanakan liburanmu ke pantai Pink dan dapatkan pengalaman berkesan dari sini!