Bertualang di Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep

Tidak salah jika banyak orang mengatakan bahwa berkunjung ke Lombok bisa membuat Anda awet muda. Jika penasaran bagaimana caranya, cobalah datang dan buktikan sendiri. Bagi anda pencinta Air Terjun, Lombok memiliki beberapa air terjun yang wajib Anda kunjungi, salah satunya, Air terjun Sendang Gile (Sendang Gile Waterfall).

Menuruni anak tangga sambil menatap hutan yang hijau akan membuat anda melupakan kepenatan ruang kerja.  Bagi anda yang sehari-hari hidup di tengah kota besar, tempat ini sangat direkomendasikan sebagai media relaksasi untuk melepas semua polusi di paru-paru. Cobalah untuk menghirup napas panjang sambil memejamkan mata lalu hembuskan dengan kuat seraya berteriak bebas. Abaikan semua yang mengganjal di pikiran. Lamat-lamat Anda akan mendengar deru air terjun di bawah sana. Jika Anda ingin berlari di tangga itu, maka berlarilah dan temukan diri Anda di bawah guyuran air terjun. Jika beruntung, Anda bisa melihat bias cahaya air terjun diterpa sinar matahari membentuk pelangi yang indah. Momen yang sempurna untuk diabadikan dalam satu frame foto.

Terletak di desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara, air terjun ini berada di wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani. Hal tersebut menjadikan mata air yang mengalir ke air terjun ini sangat bersih, alami, segar. Lokasi air terjun Sendang Gile cukup jauh dari kota Mataram sebagai ibukota provinsi NTB. Membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk mencapai pintu masuk kawasan wisata air terjun ini. Tapi, Anda jangan khawatir karena sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan yang tak terlupa. Pegunungan yang berjejer menaungi sawah-sawah penduduk akan memanjakan mata Anda. Sesampainya di pintu masuk air terjun, Anda akan disambut oleh ratusan anak tangga. 

Pijatan alami guyuran air terjun Sendang Gile akan mengisi energi Anda kembali. Ya, Anda harus me-recharge energi karena perjalanan masih akan kita lanjutkan. Masih satu jalur dengan air terjun Sendang Gile, dengan berjalan sekitar 1 Km melintasi hutan Senaru, kita akan menemukan air terjun Tiu Kelep. Air terjun Tiu Kelep merupakan air terjun dengan volume air terbesar di Pulau Lombok. Debur airnya seolah memecah kesunyian hutan lindung Senaru. 

 Jalan menuju air terjun Tiu Kelep akan menghadirkan petualangan yang menyenangkan. Menaiki anak tangga, melewati jembatan, dan menyebrangi sungai. Seperti adegan film petualangan, bukan? Sungai yang dilewati memiliki debit air yang tidak deras sehingga Anda bisa melewatinya dengan berpegangan pada batu-batu besar. Setelah melewati sungai, Anda akan disambut suara air terjun yang menggoda setiap wisatawan untuk menikmati dingin airnya. Anda pasti tidak akan sanggup berlama-lama berendam karena air di sini sangat dingin. Saking segarnya, air yang berasal dari mata air di gunung Rinjani ini bahkan bisa langsung diminum.

Petualangan belum selesai hanya dengan menikmati air terjun. Satu lagi ‘sensai’ yang bisa Anda nikmati di kawasan wisata air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep adalah sebuah saluran air besar yang bisa Anda telusuri, rasanya akan membuat Anda seolah sedang berjalan di dalam gua. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan bosan dengan suasana air terjun saja jika berkunjung ke kawasan ini.