Pantai Selatan Lombok

Pulau Lombok terkenal dengan keindahan pantainya. Pantai dengan pasir putih yang halus, pantai dengan pasir seperti merica, bahkan pantai dengan warna pink ada di pulau ini. Tapi ada satu kawasan pantai yang menyajikan panorama menantang. Pantai dengan kontur batu karang yang sangat memukau ada di kawasan pantai Semeti. Pantai ini juga memiliki pasir pantai yang putih dimana garis pantainya diapit oleh dua bukit yang sangat indah. Pantai semeti populer sekitar dua tahun terakhir karena keunikan batu karangnya yang seperti pyramid.
Pantai Semeti terletak di Desa Mekarsari, kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah, satu jalur dengan pantai yang lebih dulu populer yaitu pantai Mawun dan Pantai Selong Belanak. Jalan menuju pantai ini cukup menantang karena masih berupa jalan tanah yang belum diaspal. Akan tetapi, sepanjang perjalanan Anda akan menikmati suasana pegunungan dan sawah penduduk. Kebun jagung dan tanaman padi gogo rancah di sawah tadah hujan menjadi ciri khas perjalanan menuju pantai Semeti. Karena letaknya yang cukup tersembunyi, pantai ini tidak terlalu ramai seperti pantai lainnya di pulau Lombok.


Jika Anda hobi bertualang, pantai Semeti saja tak cukup untuk memuaskan hasrat bertualang Anda di kawasan ini. Karena setelah Anda menaiki bukit yang tidak terlalu tinggi, Anda akan menemukan pantai yang benar-benar tersembunyi. Pantai yang nyaris tanpa sampah ini layak disebut hidden paradise in Lombok.


Pantai Telawas memiliki kontur gunung karang yang lebih menantang daripada pantai Semeti. Jika Anda datang pada saat air surut, maka Anda bisa merasakan sensasi berjalan di atas karang-karang yang bentuknya sangat unik. Anda seolah berada di dalam film-film petualangan produksi Hollywood. Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia membuat ombak besar yang menghantam karang terlihat sangat memukau.


Jika Anda kembali menaiki sebuah bukit, maka akan tampak pantai yang tak kalah eksotisnya yaitu Pantai Munah. Di pantai ini terdapat batu karang yang benbentuk seperti kursi. Tempat ini sangat tepat untuk sun bathing sambil menatap debur ombak dan laut lepas. Suasana bukit hijau yang mengapit pantai menyempurnakan petualangan anda di tempat ini. Jika anda masih ingin melanjutkan petualangan, anda bisa kembali menaiki bukit dan menemukan pantai Tunting-unting. Tidak hanya sampai di sana karena masih ada satu lagi pantai setelah bukit terakhir yaitu pantai Mare gejeq. Petualangan Anda akan terasa sangat lengkap karena semua pantai ini adalah spot sunset. Anda bisa melepas lelah sambil berbaring di atas pasir pantai. Menatap rona jingga di ufuk barat akan membuat Anda melupakan rasa lelah setelah menghabiskan hari bersama petualangan panjang.


Bagaimana, sudah siap merasakan petualangan di pantai selatan Lombok?


Referensi : Sasambotour