Pantai Gerupuk, Surganya Para Peselancar

Berselancar di Pulau Lombok merupakan aktivitas yang menantang sekaligus menyenangkan. Sebagai pulau yang terhitung teramat kecil, Lombok memiliki banyak pantai yang indah. Beberapa di antaranya bahkan sangat menantang adrenalin para peselancar lokal maupun mancanegara. Salah satunya Pantai Gerupuk, yang berlokasi di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng).


Bagi peselancar, tentu tidak akan ketinggalan mencoba menaklukan ombak Pantai Gerupuk. Karena, destinasi wisata yang satu ini terkenal dengan ombaknya yang sangat cantik dan memberikan sensasi adrenalin. Pantai Gerupuk juga terbilang indah, dengan deburan ombaknya yang cukup besar. Gelombang ombaknya yang terkenal menjadikan Pantai Gerupuk sebagai pusat berselancar di Pulau Lombok.


Pantai Gerupuk terbentang di pesisir Selatan Pulau Lombok. Pantai ini terletak di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut. Di antara wilayah Pantai Gerupuk, terbagi dalam lima tempat. Keunikan kelima tempat ini yakni tempat-tempat tersebut memiliki nama dari bahasa setempat, sekaligus nama internasional yang diberikan oleh peselancar mancanegara. Yaitu Batu Teong (Dondon), Prigi (Inside), Giligoleng (Outside), Batu Lawang (Kids Point), dan Terasaq (Outside Left). Ombak di kelima tempat tersebut terbilang sangat liar. Sehingga menantang wisatawan penggila selancar untuk mengalahkannya.


Di tempat ini, ombaknya bisa mencapai ketinggian hingga 3 meter. Selain ombak yang cukup tinggi, pantainya juga berpasir putih dan dikelilingi pemandangan yang indah. Hal ini tentu membuat Pantai Gerupuk ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Namun sebagian besar pengunjung berasal dari mancanegara.


Pada sore harinya, jika wisatawan ingin menikmati pemandangan Pantai Gerupuk dari sisi lain, mereka bisa menaiki bukit kecil yang ada di sebelah Timur. Dari tempat ini, pengunjung bisa melihat keseluruhan Pantai Gerupuk dengan latar belakang matahari terbenam (sunset).
“Pemandangan di sini sangat indah. Tidak heran kawasan Pantai Gerupuk selalu diramaikan wisatawan asing,’’ ungkap tokoh masyarakat setempat, Mamiq Andi pada Radar Mandalika.


Untuk mencapai Pantai Gerupuk dengan menggunakan kendaraan darat, bisa menggunakan kendaraan sendiri. Tidak sulit menemukan lokasi ini, karena lokasi pantai ini bersebelahan dengan Pantai Kuta. (cr-fiz/r2)