Tentang SEMBALUN

Kecamatan Sembalun merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Lombok Timur yang memiliki luas wilayah 217,08 Km2, terdiri dari 6 desa yaitu Desa Sembalun Bumbung, Desa Sembalun Lawang, Desa Sajang, Desa Bilok Petung, Desa Sembalun, dan Desa Sembalun Timba Gading. Secara geografis Kecamatan Sembalun di sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Sambelia, di sebelah selatan berbatasan dengan Aikmel dan Pringgasela, di sebelah barat dengan Kabupaten Lombok Barat sedangkan di sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Pringgabaya.

Ibukota Kecamatan Sembalun berada di Desa Sembalun Lawang, yang berjarak sekitar 45 km dari ibukota Kabupaten Lombok Timur (Selong). Desa Sembalun Bumbung memiliki wilayah terluas yaitu 57,97 Km2 atau sekitar 26,70 persen dari keseluruhan luas wilayah Kecamatan Sembalun, dan yang tekecil adalah Desa Sembalun Timba Gading dengan luas 15,76 Km2 .

Desa-desa yang berada di Kecamatan Sembalun memiliki ketinggian yang bervariasi antara 800 hingga 1.200 meter diatas permukaan laut. Jarak tempuh tiap desa ke ibukota kecamatan relatif dekat, jarak yang paling jauh yaitu dari Desa Sajang dan Desa Bilok Petung yang mencapai 6 km dan 15 km. Sedangkan jarak terdekat ke ibu kota kecamatan adalah Desa Sembalun yaitu 25 m, karena kantor kecamatan ada di dasa tersebut.

Jumlah penduduk Kecamatan Sembalun keadaan pertengahan tahun 2012 mencapai 19.051 jiwa. Jumlah penduduk perempuan lebih banyak yaitu 9.861 jiwa, sedangkan penduduk laki-laki sebanyak 9.190 jiwa.

Sembalun Lawang adalah sebuah desa kecil yang berlokasi di sebelah utara kaki Gunung Rinjani. Desa kecil yang indah di ketinggian sekira 1.156 m ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah sekaligus menjadi salah satu jalur populer titik awal pendakian ke Gunung Rinjani (3.726 m dpl). Selain Desa Sembalun Lawang, Desa Senaru adalah pintu gerbang lainnya untuk mencapai kemegahan Gunung Rinjani yang berlokasi di pulau Lombok Nusa Tenggara Barat.

Desa Sembalun Lawang yang bersuhu sejuk menjadi favorit sebagai titik awal pendakian karena membuat pendaki dapat menghemat energi dan waktu untuk mencapai puncak Gunung Rinjani. Dalam perjalanan menuju desa ini selama kurang lebih 4 jam dari Mataram, Anda akan disodori pemandangan alam hijau permai berlatar Gunung Rinjani yang gagah. Perjalanan dari kota Mataram menuju Sembalun melewati jalan aspal yang berkelok-kelok, hutan, ladang pertanian, dan bahkan pemadangan laut Gili Trawangan dari kejauhan. Ladang-ladang pertanian terhampar apik, ditanami sayur-sayuran betingkat-tingkat. Nuansa pedesaan kental terasa terutama saat melihat petani melakukan aktivitas mereka dengan cara tradisonal.

Setibanya di Desa Sembalun, pemandangan alam yang lain sudah menunggu untuk dikagumi. Selain hijau oleh pepohonan dan vegetasi pegunungan, desa ini nyaris dikelilingi oleh megahnya tebing-tebing batu yang kemiringannya nyaris mencapai 90 derajat. Dinding batu ini adalah hasil pembekuan materi letusan atau lava yang dimuntahkan Gunung Rinjani ratusan tahun lalu.  Di beberapa bagian, tampak lumut dan rerumputan melapisi batuan tersebut menambah pesona kecantikannya. Udara segar pegunungan akan memenuhi paru-paru Anda. Sungguh nuansa dan pemandangan alam tropis yang eksotis dan berkesan.

Cara ke SEMBALUN

Yang Populer di SEMBALUN

Tips Lokal di SEMBALUN

Akomodasi di SEMBALUN