Tentang Makam Loang Baloq

Masih di kawasan Ampenan, tepatnya di Kelurahan Tanjung Karang terdapat tempat wisata di Kota Mataram bernama Makam Loang Baloq, yang hanya terpisah jalan lingkar Kota Mataram dari Kota Tua Ampenan. Kompleks Pemakaman ini menyimpan puluhan jasad, namun di antaranya terdapat tiga makam yang dianggap keramat. Makam yang terletak di lubang persis di bawah pohon beringin merupakan makam ulama besar dari Jazirah Arab Maulana Syech Gaus Abdurrazak yang merupakan penyebar agama Islam di Lombok. Lalu makam di lubang besar di samping ialah makam Anak Yatim dan makam lainnya ialah makam Datuk Laut.

Lokasi pemakasam Loang Baloq memang sengaja didirikan untuk mengenang jasa dari Maulana Syech Gaus Adurrazak. Oleh karena itu makam ini pun mengundang peziarah Islam yang datang untuk berdoa agar arwah dari Maulana Syech Gaus Abdurrazak diterima di sisi Allah SWT. Selain berdoa, peziarah juga biasa menaburkan bunga di tengah makam Maulana Syech Gaus Abdurrazak. Selain itu di Makam Loang Baloq biasa diadakan pula ritual potong rambut anak balita yang disebut ngurisang oleh Suku Sasak. Selanjutnya dari Makam Loang Baloq, wisatawan bisa sekaligus berekreasi ke Pantai Tanjung Karang yang hanya terletak di seberang jalan rayanya. Di Pantai Tanjung Karang terdapat kolam raksasa dan beberapa pondokan yang dibangun seiring dengan deretan pohon kelapa. Hal ini membuat Pantai Tanjung Karang sebagai lokasi bersantai yang nyaman untuk menatap matahari terbit atau terbenam sambil menikmati jagung bakar.

Demikian merupakan lima tempat wisata di Kota Mataram yang dapat Anda sambangi apabila sedang melakukan perjalanan liburan ke Pulau Lombok. Tak dapat dipungkiri apabila Kota Mataram mampu menyuguhkan paket wisata yang terdiri dari berbagai jenis obyek dan suasana dari reliji, alam, dan sejarah. Selain itu lokasinya yang saling berdekatan pun sangat menunjang dimana hal tersebut memudahkan akomodasi dan transportasi pengunjung untuk mengunjungi masing-masing tempat wisata menarik tersebut tanpa banyak menghamburkan waktu. Di sisi lain, mengingat Kota Mataram merupakan kota administratif, Anda pun tidak perlu dipusingkan pula untuk memikirkan tempat menginap karena banyak sekali hotel, rumah penginapan, atau vila yang dapat Anda temui di setiap sudut kota ini.

Cara ke Makam Loang Baloq

kesnana (indonesia)

Yang Populer di Makam Loang Baloq

dilakukan (indonesia)

Tips Lokal di Makam Loang Baloq

tips (indonesia)

Akomodasi di Makam Loang Baloq

akomodasi (indonesia)