Drs H Abdul Latif Nadjib : Mari Berwisata dengan Cidomo…!

Posted by Admin Date : Thursday, 28 July 2016

MATARAM–Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram tahun ini terus melakukan inovasi, khususnya dalam bidang pariwisata. Salah satu dari sekian pemikirannya, yakni mengajak wisatawan berwisata dengan menaiki cidomo.

“Ini kita upayakan subsidi. Takutya para kusir yang tidak dapat penumpang,” kata Kadisbudpar Mataram, Drs H Abdul Latif Nadjib.

Dijelaska, sumber daya manusia para kusir ke depan terus digenjot. Seperti kemampuan berbahasa asing.

“Mereka kan sekaligus jadi tour guide nanti. Jadi kompetensi mereka mesti mumpuni dong,” ujarnya.

Sedangkan standar cidomo yakni kebersihan, serta kenyamanan penumpang akan menjadi perhatian serius Dinas Budpar.

Lantas kapan dilaunching Pak?

“Sebenarnya kemarin bertepatan Ulang Tahun Kota Mataram. Tapi masih ada kendala lainnya yaitu beberapa koordinasi yang belum intens bersama kusir,” akunya.

Namun, Latif berjanji bakal terus menggarap icon wisata dengan cidomo ini ke depan. Setidaknya dari base cam yang sudah ditentukan.

“Endingnya taman Mayura. Di sana olahan makanannya bisa jadi tujuan wisata yang bagus,” sebutnya.

Hanya saja kata Latif, pengaturan jam dan waktu beroperasi sedang diprogramkan. Selain itu koordinasi dengan Satuan Lalu Lintas Kota Mataram dan Dishubkominfo sampai Forum Kelompok Kusir juga tidak lepas dari atensi Budpar untuk melakukan sinergi dan kerjasama.

“Potensi cidomo cukup baik di era modern saat ini, mengingat cidomo hanya terkesan untuk ibu-ibu yang akan bepergian ke pasar saja. Nah sekarang kita lihat cidomo sebagai sebuah icon wisata,” tutupnya. (cr-fiz)

Sugested Articles