Cidomo di Trawangan Tinggal Cerita

Posted by Admin Date : Thursday, 28 July 2016

KLU—Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkomifo) Kabupaten Lombok Utara (KLU) menyiapkan kendaraan pengganti cidomo di tiga gili, termasuk Gili Trawangan. Pilihannya adalah bemo bertenaga listrik yang akan beroperasi dalam waktu dekat.

“Bemo tenaga listrik lebih efisien dibanding cidomo,” kata Kepala Dishubkomifo KLU, Sinar Wugiyarno usai rapat membahas pariwisata di ruang rapat Setda KLU bersama kalangan pengusaha, kepala SKPD, dan Bupati KLU, kemarin. Meski masih sebatas wacana, Sinar yakin rencananya itu bisa terealisasi tidak lama lagi. Pilihannya ke bemo listrik berdasarkan sejumlah pertimbangan. Salah satunya, dari ukuran cidomo yang cukup besar dan berpotensi mengganggu kenyamanan wisatawan. “Kita juga mesti memperhatikan keselamatan pengguna jalan. Dan ingat, kekuatan hewan juga terbatas,” katanya.
Pertimbangan lainnya kata dia, harga bemo listrik lebih murah. Jika dibandingkan cidomo, harga bemo listrik hanya Rp 50 juta. Sementara cidomo berkisar Rp 300 juta. “Retribusi cidomo juga hanya Rp 1,5 juta perbulan. Tidak terlalu besar,” ungkapnya.

Sinar mengakui, wisatawan sangat membutuhkan sarana angkutan untuk berkeliling di Gili Trawangan. Sayangnya, daya tampung cidomo sangat terbatas. Sementara jumlah cidomo yang boleh beroperasi di Gili Trawangan juga dibatasi. Koperasi Janur Kuning selaku pengelola cidomo di Gili Trawangan hanya mengizinkan 34 unit cidomo yang beroperasi setiap harinya.

“Kalau dilihat kebutuhan, tidak mencukupi dengan jumlah tamu yang terus bertambah. Alternatifnya, ada hotel ada yang punya cidomo sendiri,” ujarnya. Kembali ke wacana bemo listrik harus disosialisasikan ke kalangan kusir cidomo. Ketika cidomo diganti bemo, dipastikan para kusir cidomolah yang akan memiliki bemo tersebut. “Nanti bemo itu jadi milik perseorangan. Bukan dikelola pemerintah,” tandasnya. Lantas, cidomo yang ada sekarang dikemanakan Pak? “Ini kan baru wacana, nanti kita bahas lagi,” tutupnya.

 

Sugested Articles