Tempat Wisata Paling Keren di Sembalun

Posted by Admin Date : Tuesday, 01 November 2016

Sembalun merupakan sebuah kecamatan yang masuk ke dalam wilayah Lombok Timur, tepatnya di kaki Gunung Rinjani. Mendengar kata Lombok, pasti Anda langsung terbayang dengan keindahan wisata alamnya. Yap! Benar sekali. Pulau Lombok memang menyajikan banyak sekali panorama alam yang begitu ciamik dan sayang sekali untuk dilewatkan. Tempat wisata di Sembalun menjadi destinasi wajib bagi Anda ketika mengunjungi  Lombok.

Pesona alam dari tempat wisata Sembalun ini, tidak kalah ciamik dari wisata alam yang ada di Bali. Bahkan turis asing pun sudah membuktikan kebenarannya. Apakah Anda tertarik mengunjunginya? Berikut adalah referensi liburan menarik mengenai tempat wisata di Sembalun yang sangat layak untuk Anda kunjungi.

Bukit Pergasingan

Untuk Anda yang hobi naik gunung, tidak perlu risau, karena tempat berlibur di kecamatan Sembalun ini menawarkan objek wisata yang sangat patut untuk Anda kunjungi yaitu Bukit Pergasingan. Tidak perlu lagi meragukan keindahannya, karena keindahan alam dari bukit ini bisa menandingi puncak Gunung Rinjani.

Tempat wisata di Sembalun ini terletak di ketinggian sekitar 1700 mdpl. Tidak perlu lama-lama untuk menaikinya, hanya perlu waktu sekitar 3 jam Anda sudah bisa menikmati panorama alam yang disuguhkan oleh bukit ini. Dari atas bukit, Anda bisa menyaksikan keeksotisan Desa Sembalun dengan latar belakang Gunung Rinjani. Menarik bukan?

Mengapa dinamakan Bukit Pergasingan? Pergasingan berasal dari kata ‘gasing’ yang merupakan permainan tradisional dengan tali sebagai pelengkap untuk memainkan mainan ini. Dipercaya bahwa zaman dahulu, nenek moyang sering memainkan gasing di bukit datar ini.

Bermalam di tempat wisata menarik ini layak untuk Anda coba. Anda perlu menyiapkan segala perlengkapan dan persediaan makanan dari rumah. Untuk mendaki bukit, diperlukan kehati-hatian, pasalnya terdapat 3 titik yang memiliki kemiringan hampir 65 derajat.

Desa Beleq

Diyakini bahwa rumah tradisonal di Desa Beleq ini merupakan rumah pertama yang menjadi cikal bakal Sembalun. Rumah ini terdiri dari 7 rumah yang dibuat dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di alam, 7 tangga masuk, dan 7 pakaian adat yang tersimpan di dalamnya. Di dalam rumah terdapat dua kamar yaitu kamar yang digunakan untuk tidur dan kamar yang digunakan untuk menyimpan alat-alat pertanian.

Rumah adat ini memiliki atap yang terbuat dari daun-daun kering dan dindingnya juga terbuat dari bahan yang tersedia di alam. Orang istimewa yang mendatangi tempat ini akan disuguhkan tarian-tarian tradisional dari Desa Beleq.

Air Terjun Mangku Sakti

Jika Anda berlibur ke Lombok, tidak lengkap jika belum mengunjungi satu-satu air terjun yang mengalir dari Gunung Rinjani. Tempat wisata di Sembalun ini terletak di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok timur.

Air terjun ini memang belum banyak yang mengetahuinya termasuk juga warga Sembalun sendiri. Namun kealamian dari air terjun ini layak untuk dikunjungi dan dipromosikan secara luas, baik di dalam negeri maupun di kancah Internasional. Pemerintah juga perlu untuk mengembangkan wisata alam yang berpotensi ini agar kenyamanan dan keamanan dari pengunjung tetap terjaga.

Itulah sajian lengkap dan menarik tentang tempat wisata di Sembalun. Kecantikan dan keasrian alam dari Sembalun sudah menanti Anda untuk segera dikunjungi. Ayo segera berwisata ke Sembalun, Lombok Timur dan nikmati sensasinya.

Sugested Articles